Ghe O Ghe. Diberdayakan oleh Blogger.

Posisi Tidur yang Baik


Kadang kala kita meremehkan posisi badan kita saat tidur. Perlu kita ketahui bahwa posisi tidur kita turut mempengaruhi kesehatan kita. Mungkin sebagian dari kita setelah bangun tidur, bukan seger yang dirasakan tapi seluruh badan kita merasa pegal, hal ini disebabkan posisi tidur kita yang kurang baik.

Rasulullah telah mencontohkan posisi tidur yang baik dan benar, seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW :“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)
hadist lain “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)


Dunia kesehatan telah membenarkan posisi tidur miring yang dicontohkan oleh Nabi, bahwa ketika kita memiringkan badan kita ke kanan dapat mengurangi tekanan pada tulang punggung, memudahkan pernafasan, dan membebaskan organ-organ tubuh.

Kadangkala kita sembarangan dalam tidur kita, bahkan ada sebagian orang tidak bisa tidur apabila tidurnya tidak dengan tengkurap, padahal dalam ilmu kesehatan posisi ini adalah posisi buruk dikarenakan dapat menekan jantung, paru-paru dan perut. Selain  itu Rasulullah juga melarang untuk tidur dengan posisi tengkurap “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih).

Semoga bermanfaat !!!

Sumber : muslimah.or.id,  majalahkesehatan.com

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda !

 
Copyright © 2011 Cyber GoG | Themes by ada-blog.com.