Ghe O Ghe. Diberdayakan oleh Blogger.

Apakah kita seorang "Procrastinator" ?


Mungkin kita sering menunda-nunda pekerjaan, entah itu pekerjaan rumah, tugas-tugas kampus yang sebenarnya tanpa kita sadari menjadi sebuah kebiasaan bagi kita.


Artikel kali ini saya dari postingan di kaskus dari agan MauMasukReborn (Bagi yg merasa bermanfaat tulisan ini,  bisa kirim bata, bata kolektor). Dalam bahasa psikologi kebiasaan menunda-nunda pekerjaan disebut "Procrastination". 

Tanda-tanda seorang disebut procrastinator yaitu :
1. Optimis vs takut
Seorang procrastinator biasanya sangat percaya diri bisa menyelesaikan satu pekerjaan dalam waktu singkat. Misal, kita merasa mampu membuat pembukuan dalam waktu 2 jam. Jadi jika ada waktu 12 jam, 10 jam bisa dipakai untuk bersantai, dong. Padahal, alasan sebenarnya karena malas, takut tidak bisa, atau tidak menyukai pekerjaan ini.


2. Merasa terlalu sibuk


Merasa terlalu sibuk akhirnya membuat seseorang procrastinator jadi tidak mengerjakan tugas yang seharusnya dia kerjakan. Misal, kita merasa tidak bisa membuat pekerjaan karena harus membersihkan kamar sekaligus memasak. Padahal pada akhirnya, tidak satu pun dari tugas itu yang dikerjakan.


3. Keras kepala


Seorang procrastinator merasa kalau dia sama sekali tidak bisa dipaksa untuk melakukan sesuatu. Ini karena adanya keyakinan, segala sesuatu harus diatur oleh diri sendiri atau harus menunggu mood bagus muncul dengan sendirinya.


4. Selalu menjadi korban


Karena tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik atau mendapatkan nilai jelek, seorang procrastinator merasa dia adalah korban dari keadaan. Sayangnya procrastinator sama sekali tidak sadar jika itu semua akibat dari kesalahannya sendiri


5. Suka beralih

Saat harus mengerjakan tugas, tiba-tiba kita ingin mendengarkan musik atau menonton TV. Ini salah satu ciri procrastinator yang sering dimiliki seseorang. Karena ingin menghindari tugas yang bikin takut, akhirnya procrastinator memilih untuk melakukan hal lain yang kurang penting

Semoga kita tidak termasuk, dan dari sekarang mari kita biasakan diri untuk mengerjakan apa yang bisa dikerjakan sekarang. Karna penyesalan tidak datang diawal, penyesalan selalu diakhir..

semoga bermanfaat ^^

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda !

 
Copyright © 2011 Cyber GoG | Themes by ada-blog.com.