Ghe O Ghe. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menghadapi Serangga Tomcat

Belakangan ini Indonesia sedikit diserang oleh makhluk kecil yang mengamuk, yang jelas makhluk tersebut bukan sejenis alien atau kaumnya. Tomcat, binatang kecil sejenis serangga ini seminggu ini menyerang wilayah timur Jawa, yaitu Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Walaupun sejenis binatang kecil, namun bisa menghebohkan warga, pasalnya si Tomcat ini menyerang ke rumah-rumah secara bergerombol.

Dari pemberitaan telepisi yang saya liat dari siang, sore, sampe malem satu gigitan tomcat bisa menyebabkan beberapa masalah pada si korban mulai rasa gatal-gatal, timbul kemerah-merahan pada kulit, hingga menyebabkan kulit melepuh. Hingga saat ini serangan Tomcat sudah banyak memakan korban hingga harus dirujuk ke puskesmas terdekat.
Tips Menghadapi Serangga TomcatSebenaranya, Tomcat atau dalam bahasa ilmiahnya Paederus fuscipes adalah sahabat para petani. Tomcat sejatinya adalah predator dan musuh bagi wereng, hama yang meresahkan para petani karena bisa menyebabkan gagal panen.

Namun apa mau dikata, walaupun Tomcat bermanfaat bagi petani. Hendaknya kita harus waspada agar terhindar dari gigitan Tomcat. Apabila kita sudah terlanjur digigit Tomcat Anda jangan terlalu panik, berikut Cara Mengobati Gigitan Tomcat

Jika kita terkena gigitan serangga Tomcat maka hendaknya kita langsung mencuci bekas gigitan dengan sabun agar menetralisir racun. Pengobatan tambahan bisa dilakukan  dengan memakai salep Hydrocortisone satu persen, salep Betametasone, antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari, atau dengan salep Acyclovir lima persen dan perlu diwaspadai adalah terjadinya infeksi sekunder yaitu masuknya kuman karena luka.

Penggunaan salep hydrocortisone tak bisa sembarangan. Meski digadang-gadang sebagai obat untuk mengobati serangan Tomcat, namun penggunaan salep ini harus melalu izin dokter ahli. Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Maura Linda Sitanggang menjelaskan, salep hydrocortisone merupakan salah satu jenis obat generik keras.

Untuk itu, penggunaan salep tersebut tak bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter. "Harus diperiksa dulu oleh dokter, baru bisa beli obat itu dengan resep dokter," Karena hal tersebut, dihimbau pada korban untuk tidak menggaruk bagian yang memerah walaupun terasa gatal. Selain itu disampaikan pula cara mencegah gigitam tomcat. Yakni dengan menutup semua jendela dan pintu sebelum menyalakan lampu. Sebab, serangga ini tertarik dengan pendaran cahaya lampu.

Tips Menghadapi Serangan Tomcat

  1. Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
  2. Hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka.
  3. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk.
  4. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.
  5. Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
  6. Jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita.
  7. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati.
  8. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya.
  9. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.
  10. Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.
Demikian Cara mengatasi dan mencegah serangan Tomcat, semoga bermanfaat

0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda !

 
Copyright © 2011 Cyber GoG | Themes by ada-blog.com.