Ghe O Ghe. Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Amankan Ponsel dari Virus

Gadget yang satu ini tiap tahunnya meningkat penggunanya, tak heran bila perkembangan telekomonikasi saat ini berkembang dengan pesatnya. Saat ini Telepon selular lebih dikenal dengan HP, kini menjadi gadget "wajib" setiap orang. Dari perangkat yang hanya segenggaman tangan itu, penggunanya bisa berinteraksi dengan orang lain, terhubung ke internet, sampai melakukan transaksi keuangan. Tak heran bila barang yang satu ini bukan menjadi barah 'wah' lagi, karena hampir setiap orang memiliki, bahkan minimal 1.



Dengan seiiring perkembangannya HP(handphone) saat ini sudah tak lagi sekedar alat komunikasi sms ataupun telpon, ada penambahwan fitur, dan manfaat dari HP itu sendiri. Bahkan peralatan Office(pengolah kata, slide, flash, dsb) kini menjadi fitur tambahan. Sebanding dengan manfaat yang diberikan, sisi keamanan ponsel juga sangat penting karena tanpa gadget tersebut, dunia bisa-bisa terasa hampa. Berbagai risiko, mulai dari kehilangan sampai rusak karena kemasukan virus adalah hal yang biasa dijumpai.


Lalu bagaimana caranya supaya ponsel Anda tetap aman? Berikut lima tips sederhana yang dikutip dari Telegraph.



1. Wasapada dengan aplikasi


Apabila suatu ketika Anda ingin mengunduh berbagai aplikasi, Anda harus ekstra hati-hati terhadap aplikasi yang ingin Anda unduh, karena bisa saja aplikasi itu sudah disusupi virus. Biasakanlah untuk mendownload dari toko aplikasi yang resmi sehingga lebih terjamin keamanannya, atau pastikan sumber dari Aplikasi itu jelas dan terpercaya.






2. Gunakan PIN atau password


Ada baiknya Anda membuat kata kunci atau Personal Identification Number (PIN) setiap kali akan menggunakan ponsel. Dengan kata kunci tersebut, maka siapapun tak bisa menggunakan ponsel dan mengetahui isinya, termasuk data pribadi Anda, serta untuk jaga-jaga ketika ada orang jail ingin menggunakan HP anda.






3. Selalu lakukan pembaruan
Bagi pengguna ponsel buatan Apple dan ponsel Android, sebaiknya selalu memperbarui sistem operasi pada smartphone mereka. Alasannya, setiap OS yang baru dikeluarkan tentunya memiliki sistem keamanan yang baru pula sehingga lebih menjamin keselamatan ponsel Anda.

4. Matikan Wifi dan Bluetooth
Hampir setiap model HP keluaran saat ini sudah dilengkapi dengan WiFi dan media transfer Bloethooth. Apabila Anda menggunakan dua fitur tersebut, pakailah seperlunya dan jangan biarkan aktif terlalu lama. Pasalnya, dari WiFi dan Bluetooth, para peretas bisa mendapatkan akses ke ponsel Anda. Untuk mengantisipasinya, biasakanlah untuk menggunakan WiFi pada jaringan yang dienkripsi atau membutuhkan password.

5. Salin Data
Untuk membersihkan virus yang terlanjut menjakiti ponsel, maka semua data yang ada di dalamnya terpaksa dihapus. Oleh karenanya, biasakanlah menggandakan data yang ada di ponsel ke tempat yang aman

6. Gunakan Antivirus
Cara aman lainnya Anda bisa memasang aplikasi Antivirus untuk membentengi HP anda dari penyebaran virus yang akan menyebabkan hilangnya data Anda.

sumber: tempointeraktif

2 comments:

AIRI ARI mengatakan...

makasih sudah mampir ini link download drama bread love and dream yang tayang di indonesia medium quality tapi tapi bagus lho http://pelangidrama.blogspot.com/2010/12/download-drama-bread-love-and-dreams.html

Damkha mengatakan...

thanks gan..
langsung k TKP

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda !

 
Copyright © 2011 Cyber GoG | Themes by ada-blog.com.