Ghe O Ghe. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Ekstrim Menghemat Baterai Smartphone

Permasalahan umum bagi pengguna smartphone adalah batre yang cepat habis. Baik itu smartphone berbasis Android, Black Berry, Nokia, dll. Hal itu dikarenakan, semakin pintar ponsel itu, maka semakin besar pula energi yang dibutuhkannya. Untuk itu, ada beberapa Cara Ekstrim untuk Menghemat Baterai Smarphone yang telah saya praktekkan menggunakan Smartphone Android 

Mematikan Fitur yang tidak digunakan
Smartphone saat ini memang sudah kaya akan fitur, namun ketika fitur-fitur tersebut jarang kita gunakan sebaiknya kita non-aktifkan agar daya baterai lebih tahan lama. Contohnya, WiFi, Bluetooth, GPS, dll.


Atur Cahaya Layar
Jika kondisi pemakaian smartphone kita berada di siang hari, sebaiknya atur layar cahaya hingga ke yang paling rendah. Atau atur brightness-nya ke mode auto supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya.

Pilih Jaringan 2G
Cara Ekstrim Menghemat Baterai SmartphoneJikalau smartphone mu tidak digunakan untuk browsing, pilihlah jaringan berbasis 2G. Mengingat sinyal 3G belum sepenuhnya ter-cover di Indonesia. Atau jika kamu sedang berada di lokasi yang sinyalnya lemah, sebaiknya matikan saja agar tidak menguras baterai.

Nada Dering
Penggunaan nada dering memang sangat menarik. Namun adakalanya nada dering digunakan bersamaan dengan fitur getar. Penggunaan keduanya disinyalir membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda menggunakan satu fitur saja.

Matikan Layanan Internet
Setidaknya ini adalah cara paling ekstrim agar baterai smartphone kita lebih awet, mengingat beberapa aplikasi yang jalan dalam mode background semuanya membutuhkan koneksi internet. Jadi, jika kamu tidak begitu membutuhkan penggunaan internet, sebaiknya matikan saja. 

Cara paling terahir diatas sangat manjur ketika saya aplikasikan di Handphone ZTE yang berbasis android. Awalnya, saat mengaktifkan internet setiap harinya tak kurang dari tiga kali nge-charge. Dan akhir-akhir ini setelah berhenti menon-aktifkan internetnya(diaktifin saat benar-benar butuh saja) baterai bisa bertahan dua hari.

Cara-cara diatas adalah sebagian cara untuk menghemat baterai smartphone kita, tatkala mau bepergia jauh. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba


0 comments:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Anda !

 
Copyright © 2011 Cyber GoG | Themes by ada-blog.com.